Sunday, October 9, 2016

Back up Data SLiMS /Cara 1 : Melalui Salinan Pangkalan Data

Back up Data SLiMS /Cara 1 : Melalui Salinan Pangkalan Data- Masalah yang sering membayangi pustakawan dalam menggunakan slims yaitu, kehilangan data, baik itu human error, kerusakan server / pun komputer. Nah bayangkan seorang pustakawan sudah menginput data ke dalam slims 10 ribu buku, 3 ribu anggota, lalu tiba-tiba komputer besok paginya tidak mau hidup, hardisk rusak dll. Pustakawan itu tentunya hanya bisa meratapi dan menyesali apa yang terjadi.

Untuk mencegah hal demikian, maka pustakawan harus membuat jadwal back up data slims, agar jika terjadi suatu waktu kerusakan komputer maupun terjadi error slims data akan selamat. Bisa dibuat jadwal perhari, perminggu, minimal perbulan.
Ada beberapa cara back up data slims, bagi pustakawan yang menggunakan senayan portable (psenayan), maka cukup copy kan saja folder psenayan ke dalam flasdisk, atau pun partisi komputer lainnya. Bagi pustakawan yang menggunakan slims source code, cara pertama yaitu back up data melalui slims itu sendiri.

Langkah Back up Data SLiMS /Cara 1 : Melalui Salinan Pangkalan 

Data Silahkan login pustakawan, pilih menu sistem, pilih salinan pangkalan data,


kemudian klik ‘mulai salinan baru’ (saya menggunakan template admin meranti, jadi kalau ada perbedaan tampilan hanya sekedar template saja)


Nanti akan muncul file dalam bentuk microsoft exel dengan format csv. Silahkan buka menngunakan excel. Dan untuk daftar anggota bisa juga dilakukan seperti langkah di atas.
Seandainya terjadi kendala seperti di atas, maka cara ke dua yaitu back up data melalui phpmyadmin.