Tuesday, October 11, 2016

Google AdSense : Pengalaman Pertama Mendaftar

Google AdSense- Selamat malam sahabat blogger, kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang goggle adSense. Di kalangan blogger, dan youtuber pasti tahu google adSense. Di mana dengan goggle adSense blogger, maupun youtuber bisa mendapat pundi-pundi uang, (penulis tidak menyebutkan diri penulis seorang youtuber karena masih pemula/newbie dan masih sangat jauh).

Singkat cerita, saat ini penulis sudah memiliki akun GA (googgle adsense) melalui youtube. Bisa dikatakan, mendaftarkan GA melalui youtube lebih cepat diterima dibanding dengan blog. Awal pertama kali penulis saat itu mengupload video tutorial (tentunya buatan sendiri). Kemudian penulis membaca beberapa artikel mengenai cara mendapatkan dollar melalui youtube, dan akhirnya penulis mencoba mendaftar GA.

Pengalaman pertama gagal mendaftar googgle adsense 

Minggu pertama penulis gagal, karena belum bisa, view untuk video masih kurang. Selang beberapa hari setelah minggu pertama, penulis mencoba kembali mendaftarkan GA. Dan berhasil, saat-saat diterima membuat penulis merasa semangat untuk upload video lagi. Akhirnya, perjuangan dan waktu, ditambah lagi kuota (hee) menjadi tidak sia-sia karena bisa diterima GA.
Setelah diterima GA, video youtube bisa dimonetisasi. Artinya video yang tayang di youtube, akan terselip iklan (mungkin sebagian sahabat pembaca pernah melihat iklan sebelum video di putar). Selanjutnya penulis, terus mengupload video sampai 14 buah. View nya pun bertambah, kurang lebih dalam sebulan, viewnya 500 kali. Artinya dengan 500 view (500 kali tayang) iklan yang ada di youtube kemungkinan ada yang ‘klik’, dengan pendapatan penulis yang masih sangat rendah $ 1.30 atau hanya ± 14 ribu rupiah (hitungannya perminggu) sangat tidak sebanding dengan kuota yang terpakai.
Pendapatan yang diterima hanya tergantung pada ‘klik’ iklan, seberapa sering videonya tayang dan iklan yang di ‘klik’. Oleh karena penulis masih newbie, penulis tiap hari cek channel youtube, untuk melihat berapa kali video tayang. Saat penulis mencoba memutar video yang penulis upload (melalui smartphone), muncul iklan ‘aplikasi line’, kemudian penulis iseng-iseng mencoba klik iklan tersebut, disusul video selanjutnya. Selang beberapa jam setelah itu, masuk e-mail dari google adsense melalui smartphone penulis. Alahkah terkejutnya penulis mengetahui kalau akun GA penulis disuspended (ditangguhkan) selama 30 hari.

Berikut isi email GA



Pihak youtube pun mengirim e-mail


    Rasa kecewa dan marah pun timbul, 30 hari terlalu lama dan bayangkan berapa yang bisa diperoleh selama 30 hari itu. Bukan hanya itu, penulis juga melihat saldo sebelumnya juga ditarik karena kebijakan dari googgle.
Untuk banding, tidak akan bisa karena akun youtube masih pemula, dan saldo pun di bawah rata-rata. Untuk membuat akun GA baru memang bisa, namun penulis memutuskan untuk menunggu GA untuk aktif kembali. Sembari menunggu penulis membuat blog yang dan membuat tulisan yang sedang pembaca lihat ini.
     Jadi, tinggal 27 hari dari tulisan ini diposting GA penulis di aktifkan lagi. Bagi para pembaca yang sudah mempunyai GA baik youtube maupun blog/website jangan klik iklan sendiri karena itu termasuk hal yang dilarang dan disampaikan dalam peraturan GA “Tayangan atau klik tidak sah pada     Ads yang dilakukan oleh seseorang, bot, program otomatis atau alat serupa, termasuk klik atau tayangan yang berasal dari alamat IP anda sendiri atau komputer yang berada dalam kendali anda”.
Untuk meminmalisir hal tersebut, bisa menggunakan anonymox maupun vpn, aplikasi / pun ekstensions browser guna memalsukan ip adrees (tapi penulis tidak menjamin, resiko tanggung sendiri).
   Kesimpulan dari tulisan di atas, penulis mengajak pembaca guna memanfaatkan waktu luang, mengekspresikan diri melalui hal-hal yang bermanfaat, membuat video youtube, menulis di blog, maupun mengeskprsesikan diri ke bidang lain. Semoga tulisan ini bermanfaat, penulis sadar akan banyak kekurangan di segala hal..