Wednesday, October 26, 2016

Pengaturan Margin Kartu Anggota Slims di Printer Zebra P330i

Pengaturan Margin Kartu Anggota Slims di Printer Zebra P330i-Untuk pencetakan kartu anggota bisa dilakukan melalui slims. Model kartu untuk anggota perpustakaan pun sudah disediakan template standarnya. Namun, modifikasi kartu anggota bisa disesuaikan dengan perpustakaan yang menggunakan slims, tapi tentu dilakukan oleh orang yang bisa memahami kode php.

Biasanya cetak kartu menggunakan printer epson, namun dari pengalaman saya, pihak universitas membeli printer khusus cetak kartu Zebra p330i, harganya lumayan mahal pembaca bisa searching harganya di googgle.
Printer Zebra p330i
Untuk menggunakan printer Zebra P330i ada 2 masalah yang timbul : 
1. printer ini hanya sekali cetak, jadi kalau kita ingin print bagian depan kartu yang di cetak dahulu, kemudian setelah tercetak, kartu dimasukan kembali dan dibalik untuk print bagian belakang. Sedangkan di slims saat pencetakkan kartu langsung tampil depan dan belakang.

2. Margin kartu yang tampil di browser tidak pas saat dicetak melalui printer ini.
Gambar di bawah menunjukan print preview di browser saat mencetak kartu. Perhatikan posisi kartu dengan jarak bagian pinggir.



Bagaimana solusinya?
Nah, saya bingung bagaimana mengatasinya, udah googling tidak ketemu. Jadi, dicarilah alternatif lain, yaitu edit sendiri kode php slims pada file “member_card_generator.php” di dalam folder : slims\admin\modules\membership

Saya modif script php dibagian baris 182, gambar di bawah kode asli


 Hasil edit


Dan ini hasil saat print preview di browser.

hasil print previes cuma 1 yang tampil
Namun karena keterbatasan pengetahuan, masih ada kendala yang terjadi karena memodifikasi kode di atas. Yaitu pada saat cetak kartu hanya tampil satu saja di browser walaupun saat print di tandai 10 buah. Karena memang saat di print preview kartu yang tampil hanya bagian depan saja (perhatikan gambar hasil saat print preview di browser). Jadi hanya bisa print satu persatu. Akan tetapi itu semua tak jadi masalah karena tinggal pilih data aggota lalu langsung cetak.
Desain Member Card SLiMS (Mengganti “nomor identitas” dengan “Fakultas/Jurusan)
Q: Lalu bagian belakang cetaknya bagaimana?
A: Saat install driver printer zebra p330i ini ada muncul folder "Zebra Performance Class Printer file" isinya file Word dengan margin pas untuk cetak kartu. Untuk, bagian belakang kartu saya desain menggunakan corel draw (karena bagian belakang kartu isinya hanya peraturan dan tidak diganti-ganti tiap anggota), selanjutnya dimasukan dalam file word printer ini.
Seperti ini, saya membuka file tersebut menggunakan wps office
Itu hanyalah hasil yang saya peroleh dengan cara sendiri dan tentunya pembaca mungkin mengetahui cara yang lebih tepat mengatasinya. Oleh karena itu saya mengharapkan kalau ada solusi lain dan ada jawaban dari masalah di atas jangan lupa comment y. 

Terima kasih