Monday, May 15, 2017

Marcus Hutchins : Ahli Cyber Ransomare

Marcus Hutchins : Ahli Cyber Ransomare-Virus Ransomware WannaCry, memang virus yang menggemparkan tahun 2017 ini. Bagaimana tidak virus ini sudah merusak sistem 200.000 korban termasuk di 150 negara. Cara kerja virus ini dengan jalan mengunci seluruh file yang ada dikomputer tersebut jadi korban tidak bisa membukanya. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk mentrasnfer sejumlah uang / melalui bitcoin (mata uang virtual yang sangat mahal saat ini).

Namun keganasan virus yang baru-baru ini masuk ke sistem jaringan komputer Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita ini ditaklukan oleh pemuda umur 22 tahun yang bernama Marcus Hutchins yang tinggal di  tepi pantai Inggris

TIPS MENCEGAH WINDOWS TERKENA RANSOMWARE DARI MICROSOFT
Pemuda ini hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk menghentikan virus tersebut dan berhasil mengakses kembali file yang terensksrepsi. Saat ini Marcus Hutchins bekerja sama dengan Pusat Keamanan Cyber ​​Nasional (GCHQ) pemerintah untuk mencegah perangkat lunak berbahaya baru muncul pada hari, namun mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk meninggalkan pekerjaannya saat ini di perusahaan rahasia Intel Kryptos Logika berbasis AS.


Marcus mengatakan celah masuknya ransomware ini memanfaatkan kerentanan yang diketahui pada sistem operasi komputer Microsoft lama. Sekarang para ahli khawatir bahwa email yang berisi virus tersebut bisa terbengkalai di ratusan ribu inbox di seluruh dunia. Dia memulai mencoba menghentikan virus ini dikamarnya sendiri.




Well, semoga si Marcus Hutchins bisa share bagaimana cara menghentikan virus ini. Dan hati-hati buat kamu, jangan asal klik link atau e-mail yang patut dicurigai.