Friday, February 23, 2018

Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Bisnis Online Shop

Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Bisnis Online Shop- Era "Zaman Now" untuk membuka usaha jualan kamu tidak perlu lagi membutuhkan modal banyak. Seperti membuka toko atau menyetok barang. Sekarang kamu hanya perlu sebuah smartphone, paket internet tentunya dan beberapa akun medial sosial dan yang penting Rekening Bank.
via freevector.com
Saat ini untuk terjun dalam bisnis Online Shop, kamu bisa memilih jadi Reseller atau Dropshiper. Reseller dan Dropship merupakan 2 metode dalam bisnis online. Dalam sistem dropship, penjual tidak perlu melakukan stok barang ataupun proses pengiriman pada pembeli. Sedangkan seorang reseller akan membeli barang dalam jumlah banyak agar mendapat harga grosir kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi. Reseller sudah pasti melakukan stok barang dan juga mengirimkan barang pada pembeli. Sementara dropshipper hanya bertindak sebagai penghubung antara supplier dan konsumen. 
Banyak isitilah yang digunakan dalam Bisnis Online Shop, silahkan kamu baca Kamus Istilah Online Shop. Setelah mengetahui istilah dalam Bisnis Online Shop maka hal yang perlu ketahui selanjutnya adalah aplikasi untuk melakukan pemasaran. Berikut aplikasi wajib yang perlu kamu miliki untuk memulai Bisnis Online Shop.

1. Aplikasi Media Sosial

Ini adalah aplikasi wajib yang harus kamu miliki. Saat ini masyarakat lebih sering membuka media sosial dibanding mencari di search engine. Pemasaran di media sosial lebih mudah karena kamu hanya cukup upload foto yang menarik. 
via Digital Trends
Pastikan kamu memiliki banyak pengikut untuk memasarkan melalui media sosial. Rekomendasi Media Sosial untuk Online Shop yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest.

2. Aplikasi Chating

via jingdaily.com
Dalam melakukan pemasaran melalui media sosial, kamu pasti memasukan nomor telepon. Untuk melakukan tanya jawab atau menerima pesanan akan sulit dilakukan via telepon. Maka kamu perlu menginstal aplikasi Chating untuk memudahkan kamu melakukan transaksi.

Rekomendasi Aplikasi Chating yaitu : Line, WhatsApp.

3. Edit Foto


Calon pembeli biasanya akan tertarik pada pandangan pertama yaitu melalui foto. Buatlah foto produk yang kamu juak sebaik mungkin. dan jika ada beberapa gambar seperti tampak produk dari samping dan belakang, kamu bisa membuat kolase foto dari produk kamu tersebut. Aturlah kecerahan foto produk agar foto produk jelas dilihat oleh calon pembeli. Biasanya calon pembeli akan malas melihat foto produk ang kurang jelas, dan akan membuat Online Shop kamu dimata calon pembeli dianggap amatiran.

Dengan foto kamu bisa membuat katalog dari produk kamu.
Kamu juga bisa menambahkan keterangan pada foto produk seperti : Ukuran, Warna, dan Nomor Kontak kamu.

Rekomendasi Edit Foto : Pic Collage – Photo Editor, PhotoGrid, Photo Editor Collage Pro, PicsArt.
Untuk Pencahayaan bisa menggunakan :Adobe Photoshop Lightroom, dan Airbrush.

4. Watermark

Saat ini bisnis Online Shop sangat menjamur, maka jika foto produk kamu tidak ingin dicuri oleh pesaing kamu maka beri watermark pada foto produk tersebut.

Aplikasi yang bisa kamu instal : My Watermark, dan InstaMark


5. Save Instagram Pos

Ini merupakan aplikasi untuk mengunduh foto dari Instagram (Melalui aplikasi Instagram foto tidak bisa diunduh).
Ini sangat berguna bagi kamu yang memilih metode Dropship. Kamu bisa mengambil foto produk dari Suplier atau Reseller yang kamu pilih, tapi sebelumnya pastikan kamu sudah minta izin terlebih dahulu.

Rekomendasi Aplikasi : InstaSave, InstaSaver, Insta Download.

5. Tracking Paket



Untuk mengirim dan menerima paket, kamu perlu mengetahui kapan sampainya produk kamu dikirim. Untuk pengecekan Nomor Resi Paket, semua jasa pengiriman ada aplikasinya di Google Play, seperti TIKI, JNE, J&T


6. Mobile Banking

Bisnis Online Shop melakukan transaksi  melalui transfer antar bank. Jadi aplikasi Mobile Banking sangat dibutuhkan agar kamu mengetahui transferan yang masuk dan keluar, kamu tidak perlu ke ATM untuk melakukan pengecekan transaksi.
via freepik.com
Sebelum mengunduh Aplikasi Mobile Banking silahkan daftar terlebih dahulu ke Bank yang kamu gunakan untuk menggunakan layanan Mobile Banking. Selain mobile Banking kamu bisa juga meminta layanan SMS Banking.

#Tambahan aplikasi yang bisa kamu Instal adalah aplikasi POS (Point of Sale) untuk tracking transaksi. Aplikasi ini manfaatnya kita bisa track pendapatan dan pengeluaran, dan kita juga bisa melakukan manajemen stok produk (Ini berguna bagi kamu sebagai Reseller).

Demikianlah artikel Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Bisnis Online Shop semoga bermanfaat bagi kamu untuk memulai bisnis Online Shop


EmoticonEmoticon