Monday, November 20, 2017

Cara mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan Sekolah dari PerPusNas

Cara mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Nasional- Sebagai lembaga pemerintah non departemen, dalam melaksanakan tugasnya Perpustakaan Nasional menyelenggarakan fungsi diantaranya yaitu :
  1. Melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan dan kerjasama antar badan atau lembaga termasuk perpustakaan di dalam maupun di luar negeri;
  2. Melaksanakan pembinaan atas semua jenis perpustakaan, baik perpustakaan instansi atau lembaga Pemerintah maupun swasta yang ada di pusat dan di daerah.
Mengacu pada tugas dan fungsi di atas maka Perpusnas membuat sistem untuk pendataan seluruh perpustakaan yang ada di Indonesia di pusat maupun di daerah, baik itu instansi ataupun swasta. Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada Sekolah, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah dan Swasta  yang sudah mendaftarkan perpustakaan secara online kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan tersebut akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id cari tautan klik Data Perpustakaan Indonesia.

Adapun tujuan NPP ini berdasarkan keterangan di situs resmi perpusnas.
Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.

Berikut langkah mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan dari PerPusNas


1. Buka halaman registrasi
2. Pilih registrasi NPP baru
3. Isi formulir dengan benar, contoh kami mendaftarkan perpustakaan sekolah tinggi



Pada bagian subjenis perpustakaan mencakup dari perpustakaan taman kanak-kanak sampai universitas, termasuk perpustakaan umum rumah ibadah hingga perpustakaan pesantren, pilih sesuai dengan kategori perpustakaan.
 4.Setelah klik simpan, akan ada pemberitahuan registrasi anda berhasil dengan mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan dan password masuk yang digunakan. Simpan dan catan nomor dan password tersebut.
Ini baru langkah pertama, pilih lanjut untuk tahap berikutnya.


 5.Setelah kamu klik lanjut, maka muncul tampilan baru, silahkan lengkap data perpustakaan kamu.
Isi data dengan benar. 

Pada menu sebelah kiri, ada menu informasi dan Data Perpustakaan. Tampilan di atas adalah submenu data umum perpustakaan, silahkan kamu isi data perpustakaan sampai submenu gambar.

Setelah lengkap maka perpustakaan kamu sudah terdata dalam pengkalan data perputakaan. Lalu apa keuntungannya mendapatkan  nomor pokok perpustakaan?. Dengan mendapatkan NPP perpustakaan kamu sudah terdaftar resmi di Perpustakaan Nasional, memudahkan kamu dalam proses akreditasi perpustakaan. Kerja sama dengan Perpustakaan Nasional pun bisa dilakukan seperti permohonan bantuan koleksi untuk perpustakaan kamu.

Ayo daftarkan perpustakaan kamu, dan beri tahu pustakawan lainnya!!
Demikianlah Cara mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Nasional.
Semoga bermanfaat.