Friday, November 11, 2016

Download Indeks Alqur'an Mukjham Almufahras.pdf

Indeks berarti daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya berada pada bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Dalam ilmu perpustakaan Indeks merupakan alat bantu temu kembali (finding aids) ke posisi sebuah materi perpustakaan dalam koleksi perpustakaan. Pembaca menyimak batasan kata indeks dalam arti kontemporer bersinonim dengan katalog. Namun sebenarnya terdapat perbedaan antara indeks dengan katalog. Jika pada entri indeks sebuah buku hanya ditunjukkan lokasi istilah,  maka pada katalog di samping lokasi sebuah subjek juga masih dilengkapi dengan uraian deskriptif mengenai materi tersebut dalam kaitannya dengan subjek.

Biasanya indeks terdapat dalam sebuah buku yang bertujuan memudahkan pencarian butir spesifik informasi. Misalnya seorang pembaca ingin menemukan kata automasi dalam sebuah buku, dia akan mencari istilah pada indeks, kemudian indeks akan menunjukkan lokasi istilah tersebut dalam buku yang bersangkutan. Indeks pada dasarnya  menyusun ulang materi yang ada dalam sebuah buku, mengumpulkan menjadi satu berbagai acuan berkaitan dengan sebuah topik. Dengan adanya indeks akan memudahkan pengguna mencari informasi sehingga tidak perlu membuka perhalaman.

Bukan hanya buku yang memilik indeks, Alquran pun memilik indeks agar kita mudah mencari sebuah kata dalam alquran. 
Indeks Alqur'an ini digunakan sebagai sarana temu balik kata-kata dalam alqur'an. 

Download di sini via googgle drive

Adapun fungsi lain dari indeks yaitu:
  •  Memberi panduan secara rinci untuk mendapatkan suatu bahan
  • Memudahkan pencarian suatu bahan atau sumber informasi dengan baik dan benar
  • Membantu dalam mencari suatu bahan yang akan dicari
  • Memberitahu hubungan antara suatu bahan atau sumber informasi dengan bahan atau sumber informasi lainnya
  •  Menyediakan suatu pandangan yang menyeluruh yang terdapat dalam teks atau koleksi.