Monday, January 2, 2017

Kabar 2017 : Windows XP dan Vista Tidak Mendapatkan dukungan lagi dari Firefox

Bagi pengguna yang masih menggunakan Windows XP dan Vista dukungan dari Firefox akan dihapus untuk. Dalam sebuah posting blog sebelum Natal, Mozilla mengumumkan rencana untuk mengehantikan dukungan Firefox untuk Windows XP dan Vista.

 

Namun masih diberikan untuk Release Dukungan Perpanjangan (ESR) pada Maret tahun depan. Langkah selanjutnya, Mozilla mengatakan, akan untuk menghenatikan dukungan untuk XP dan Vista sepenuhnya, dan yang diharapkan terjadi pada bulan September tahun depan, meskipun keputusan ini belum dibuat.

"Firefox adalah salah satu dari beberapa browser yang terus mendukung Windows XP dan Vista, dan kami berharap untuk terus memberikan update keamanan untuk pengguna sampai September 2017. Pengguna tidak perlu mengambil tindakan tambahan untuk menerima update tersebut. Pada pertengahan 2017, angka pengguna pada Windows XP dan Vista akan ditinjau kembali dan tanggal akhir dukungan akhir akan diumumkan, "kata perusahaan itu.

Namun dari survery yang dilakukan, universitas dan sekolah-sekolah lain, kabupaten atau pemerintah kota dan bisnis, Windows XP dan Windows Vista terus digunakan dalam lingkungan tersebut, meskipun windows tersebut dan sudah terbukti sangat rentan.

Sebagai laporan dari pihak firefox mengungkapkan pada bulan November, 65% dari klien Pengguna Windows masih berjalan Vista dan ribuan masih di XP.

Sebagaimana yang diketahui, Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows XP pada bulan April 2014, dan telah memperingatkan bahwa mereka yang terus menggunakannya akan terkena kelemahan keamanan tidak diberikan protecsi. Bahkan, 15 tahun platform lama yang digunakan sekitar 700 mengalami kerentanan, 200 di antaranya dinilai sudah tidak layak digunakan.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa sebanyak 88% dari pengguna Windows XP menggunakan Internet Explorer sebagai browser standar mereka, yang mempunyai risiko yang signifikan, mengingat bahwa browser ini tidak lagi didukung oleh Microsoft. Dengan dukungan untuk XP berakhir di Google Chrome tahun ini dan direncanakan akan diikuti oleh Firefox.

Maka pilihan yang jelas untuk pengguna Windows XP dan Vista, bagaimanapun, adalah upgrade ke yang lebih baru, sistem operasi yang lebih aman. Bahkan, Mozilla sendiri mendorong pengguna untuk meng-upgrade ke versi Windows yang didukung oleh Microsoft.