Thursday, November 2, 2017

Apa sih Pentingnya Registrasi Kartu SIM dengan KTP dan KK?

Apakah kamu sudah mendapat sms dan keminfo atau dari operator yang kamu gunakan untuk melakukan registrasi kartu sim prabayar kamu dengan nik dan kak?  Registrasi kartu sim bagi pengguna baru atau lama wajib dilakukan. Cara registrasi kartu sim dengan NIK dan KK sudah dilakukan oleh seluruh operator seperti Telkomsel, Three, XL Axiata (termasuk Axis), Smartfren, Indosat melalui sms yang dikirimkan. Padahal Registrasi  kartu Telkomsel, Three, XL Axiata (termasuk Axis), Smartfren, Indosat bisa dilakukan tanpa pulsa lo, jadi tidak akan merugikan kamu. Registrasi bisa dilakukan melalui sms atau website resmi masing-masing operator yang kamu gunakan.

Nah bagi kamu yang belum registrasi dipastikan kamu karena mendengar pro dan kontra mengenai kebijakan ini. Belakangan ada yang menyebarkan bahwa nomor dan nik yang diregistrasi akan digunakan untuk hal berbau politik, dan dijadikan untuk kepentingan penguasa. 

Apakah mungkin hal itu terjadi? Sebelum kamu percaya berita demikian, seharusnya kamu harus tahu dulu pentingnya registrasi nomor kamu yang dijelaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, diantaranya:

          1. Mencegah Tindak Penipuan dan Hoax 
    Ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, sehingga menekan terjadinya penipuan, penyebaran hoax dan konten negatif, juga meminimalisir kebiasaan pakai buang SIM Card. 

    Pengguna hp pasti pernah mendapat sms yang berbunyi  “Selamat kamu beruntung menjadi pemenang undian sebesar 50 juta rupiah, kunjungi link ini atau sms blab bla.”Tidak terhitung lagi banyaknya korban karena tergiur mendapatkan uang dengan cara instan. Itulah penitngnya kebijakan ini guna meminimalisir penipuan, kalaupun terjadi bias diproses dengan cepat dan diketahui pelakunya.


    2. Mencegah tindak Kejahatan dan Teorisme 

    Dengan validasi menggunakan NIK dan KK, nomor ponsel akan tersinkronisasi dengan data yang ada di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, seperti nama, alamat, nama keluarga, umur, dan sebagainya sehingga tidak terjadi duplikat data.

    Ini juga menjadi poin penting akan kebijakan ini, tindakan angka Kriminal bisa ditekan karena pelaku kejahatan atau terorisme bisa dilacak keberadaannya. 


    3. Penting untuk Segi Perekonomian

    Jika nomor sudah teresgistrasi dengan nik dan kk, maka transaksi non-tunai melalui perbankan jadi lebih aman dan inklusif.
    Dan juga proses penyaluran bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu lebih tepat sasaran.
Itulah poin pentng dari registrasi kartu sim kamu dengan nik dan kk, ayo registrasi nomor hp kamu.
Kalau belum tahu ikuti langkahnya berikut ini.