Friday, December 29, 2017

Situs Pengujian Responsive Template Blog

Situs Pengujian Responsive Template Blog- Sebelum membangun sebuah blog maka hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah pilih nice / tema pembahasan blog. Yang kedua adalah template blog. Kamu bisa mendapatkan template blog yang default sudah disediakan atau dengan mendapatkan template lainnya  secara gratis maupun berbayar sesuai dengan nice atau tema yang ingin kamu tulis.

Untuk mendapatkan template blog kamu bisa melihat artikel situs yang menyediakan template blog gratis. Biasanya untuk template yang disediakan gratis oleh pengembanganya ada beberapa kekurangan seperti tidak bisa mengedir footer (hak cipta template) atau bagian komentar yang tidak disediakan (namun bagi kamu yang jago coding itu tidak jadi masalah).

Tujuan Pengujian Template

Pengujian template blog sangat diperlukan agar blog kamu bisa terindeks oleh google ataupun mesin pencari lainnya. Traffik blog juga sangat tergantung pada template yang digunakan. Percuma artikel kamu sudah bagus dan original namun template kamu buruk di mesin pencari google. Blog yang kamu buat bukan hanya diakses menggunakan komputer, namun juga diakses melalui perangkat lainnya seperti tablet atau smartphone, maka dengan dilakukan pengujian kamu bisa meliaht template kamu apakah sudah responsive terhadap perangkat lainnya atau belum.

Situs Pengujian Responsive Template Blog

Kamu bisa menguji terlebih dahulu dari demo template yang ingin kamu pakai untuk blog kamu. Ada banyak situs yang menyediakan jasa untuk pengujian blog. Di dalam artikel ini saya akan memaparkan situs terbaik untuk pengujian template blog kamu.

1. Situs Pengujian Responsive atau tidaknya template Dari Google.
Akse disni : https://search.google.com/test/mobile-friendly
Situs ini menguji apakah blog kamu sudah responsive terhadap perangkat smartphone.
Baca juga : Download template Blog Responsive untuk Adsense
2. Pengujian Struktur Data Template dari Google. 
Infromasi bagian mana template kamu  yang error bisa dilihat di structur data testing ini
Akses di sini : https://search.google.com/structured-data/testing-tool.

Situs Pengujian Responsive Template Blog
  Masukan url blog kamu, klik run test

3. Pengujian Kecepatan Loading Blog dari Google
Kecepatan loading blog juga sangat berpengaruh terhadap traffik blog. Pengunjung akan merasa nyaman dengan blog yang diakses dengan cepat.
Daril hasil pengujian, situs ini memberitahukan nilai dari loading blog (1-100), dan bagian mana yang perlu dioptimasi (perbaiki).
Situs Pengujian Responsive Template Blog

4. Pengujian Kecepatan Loading Blog Kamu  melalui GT Metrix
Di sini kamu bisa melihat Skor untuk blog kamu. Skor di mulai dari A-E. GTMetrik juga memberitahukan berapa detik yang dibutuhkan untuk membuka situs kamu dan data yang diperlukan untuk mengakses. Situs ini juga memberitahukan bagian mana yang perlu kamu perbaiki agar blog kamu lebih baik.
Situs Pengujian Responsive Template Blog

Itulah beberapa tools atau situs yang sangat dianjurkan kamu kunjungi saat memilih template atau membei sebuah blog. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar


EmoticonEmoticon