Tuesday, July 3, 2018

Cara Mengetahui Ranking Jurnal Internasional

Cara Mengetahui Ranking Jurnal Internasional- Jurnal merupakan referensi yang sangat baik untuk kalangan akademisi dalam menyelesaikan skripsi atau penelitian atau pun sebagai tempat memuat hasil penelitian.

Sebelum memutuskan memilih jurnal yang memuat tulisan kita, untuk Jurnal Nasional yang baik itu bisa perhatikan dari adanya ISSN (dari LIPI), sudah terakreditasi di ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dan tentunya pengelolaan jurnalnya sudah online (misal menggunakan OJS) dengan terindeks di Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Portal Garuda, Pustaka Iptek dan/atau yang setara.

Bagi Kamu yang ingin menulis artikel di Jurnal Internasional kamu bisa melihat Quartile (Q) sebuah jurnal internasional. Isitilah Q rank adalah salah satu penanda kualitas jurnal. Q1 berarti jurnal ada di rentang 25% tertinggi sedangkan yang paling rendah yakni 25% terbawah adalah Q4.
Untuk mengetahui Q Rank, kamu bisa menggunakan Scimago. Scimago merupakan website yang menyediakan berbagai informasi lengkap jurnal berdasarkan Q ranking, dan bahkan negara. 

Cara Mengetahui Ranking Jurnal Seluruh Dunia:


1. Silahkan kamu buka website https://www.scimagojr.com/.
Cara Mengetahui Rangking Jurnal Seluruh Dunia
Interface scimago

Silahkan masukan Nama Jurnal atau ISBN yang ingin dicari, atau silahak pilih salat satu dari 3 menu dibawah pencarian.

2. Klik Journal Ranks
Cara Mengetahui Rangking Jurnal Seluruh Dunia
Pencarian Jurnal dari beberapa kategori
Kamu akan melihat daftar jurnal dan ada keterangan Q berapa jurnal tersebut, total citasi, serta negara asal. Untuk mencari berdasarkan negara silhkan klik kolom seperti gambar diatas.
Cara Mengetahui Rangking Jurnal Seluruh Dunia
Informasi Detail mengenai Jurnal tersebut
Salah satu jurnal dari Universitas Indonesia yang mempunyai peringkat Q2.
Melalui Scimago kamu juga bisa melihat daftar rangking berdasarkan negara. 
Cara Mengetahui Rangking Jurnal Seluruh Dunia
Peringkat Negara
Indonesia masih berada diperingkat 52 sedangkan Malaysia berada diperingkat 34.

Demikianlah beberapa trik yang bisa Kamu praktekan dalam mencari jurnal yan terbaik untuk artikel kamu. Silahkan share, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon