Wednesday, July 18, 2018

Review Kirim Paket J&T Express Belanja di Shopee

Review Pengiriman Paket J&T Belanja di Shopee- Beberapa hari lalu saya membeli barang melalui toko online Shopee. Sebelumnya saya sudah cek di beberapa toko online harga LCD Lenovo a7000-a yang ingin saya beli. Di Shopee saya lihat harga LCD Lenovo a7000-a lumayan terjangkau, yaitu 215 ribu.

Sebelum membeli tentu yang dilihat adalah review dari pembeli di toko tersebut. Dan feedback dari pemmbeli lumayan bagus terhadap barang yang dibelinya. Akhirnya saya memutuskan membeli LCD Lenovo a7000-a seharga Rp.215 ribu.

Barang yang saya beli akan dikirim ke Tanjungpinang Kepri. Ongkos kirim terbilang lumayan yaitu 36 ribu. Program free ongkir di Shopee, berlaku dengan nominal belanja,saya dapat free ongkir senilai 20 ribu dipotong harga normal jadi 16 ribu.

Untuk pengiriman dengan program free ongkir ini hanya berlaku melalu jasa pengiriman Paket J&T Ekspress, untuk JNE, POS dan Tiki tarif normal. Sepertinya perusahaan J&T yang lahir bulan Juni tahun 2015 ini bekerja sama dengan Shopee.

Berikut Pengalaman Kirim Paket J&T Express Belanja di Shopee
status paket yang dikirimkan
Saya bayar hari Kami tanggal 12 Juli jam 10 metode transfer atm, kemudian rincian pesanan diterima oleh penjual. Jam 2 siang paket saya sudah sampai di AMPAR Dropped off, yaitu Drop point J&T. Kemudian paket dikirm ke JKT_GATEWAY, artinya paket berada di Gudang Penyortiran barang J&T di Bandara. Nomor resi akan tertera di shopee dan bisa Kamu copy dan cek di situs J&T, kalau belum bisa di cek (informasi di situs nomor resi tidak tertera) tunggu beberapa saat, kemudian ulang cek lagi.

Silahkan baca Daftar Arti Kode Resi Dan Gateway Pengiriman J&T
Informasi di shopee
Tanggal 13 hari jumat jam 9.48 paket akan dikirimkan ke TNJ_GATEWAY, perjalanan melalui udara JKT-Tanjungpinang 1 jam 30 menit. Saya beramsusi kemungkinan paket saya akan sampai jam 12 di Drop point J&T Tanjungpinang (jarak Drop point J&T ke Bandara TNJ hanya 15 menit, dan jarak rumah saya dari Drop Point J&T hanya 10 Menit).
Ternyata  paket saya tertunda di JKT_GATEWAY, saya pikir tidak ada jadwal penerbangan pada hari Jumat dan Sabtu, setelah saya cek melalui Traveloka setiap hari ada penerbangan JKT_TNJ dan sebaliknya walau tidak setiap jam.

Biasanya kalau paket tertahan mungkin karena tunggu beberapa jumlah paket yang akan dikirim ke kota tersebut, jadwal jam kerja jasa pengiriman dan masalah diluar teknis seperti penerbangan. Kemungkinan besar paket saya masih di JKT-Gateway karena jadwal kerja J&T hari sabtu libur untuk kota Tanjungpinang (Ini hanya argumen saya, mengingat setiap kota berbeda sesuai tingkat persentase pengiriman paket).
J&T memberikan yang lengkap perjalanan paket yang dikirim

Saya selalu cek resi J&T setiap beberapa jam baik melalui Shopee atau situs J&T, karena LCD hp saya harus segera diganti. Akhirnya hari minggu sore paket saya sudah sampai di TNJ_GATEWAY dan dikirim ke Kota Tanjungpinang, dalam digambar diatas sampai di Tanjungpinang hari senin jam 7 pagi (Ini mungkin penginputan resi saat sampai dilakukan hari senin, jarak bandara TNJ_GATEWAY ke Tanjungpinang hanya 15 menit). Paket kemudian dikirim Sprinter jam 7.52 dan saya terima jam setengah 11.

Kesimpulan.

Menurut saya pengiriman paket melalui J&T cukup baik. Diantara fitur yang menarik bagi saya yaitu J&T memberikan informasi yang sangat lengkap mengenai perjalanan paket saya. Mulai dari pengiriman sampai informasi mengenai nama Sprinter dan nama Penerima paket.
paket yang saya terima dalam keadaan baik
Paket saya sampai dengan sangat baik, tidak ada bagian kardus yang rusak (memang ada tanda pecah belah). Pengalaman saya pernah mengirim paket pakai ekspedisi lain kardusnya rusak walau sudah diberi tanda.

Saran saya untuk  yang ingin memesan barang di toko online, silahkan chat dulu penjual apakah barang ready atau tidak. Kemudian usahakan transaksi pada hari Senin dan sebelum jam 12 siang, karena beberapa penjual pesanan yang masuk jam 12 lewat akan diproses besoknya. Kalau pesanan senin kemungkinan paket akan sampai 2-3 hari.