Wednesday, September 7, 2016

Desain Member Card SLiMS (Mengganti “nomor identitas” dengan “Fakultas/Jurusan)

Postingan kali ini penulis akan membahas tentang cara mengganti kata “nomor identitas”dengan “Fakultas/Jurusan” dalam format kartu SLiMS. Seperti yang kita ketahui SLiMS (Senayan Library Management System) merupakan Open Source Software berbasis web yang memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan, bahasa sederhananya aplikasi untuk menggantikan kegiatan perpustakaan dari manual ke sistem komputer. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Open source software artinya software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi. Nah salah satunya yang saya lakukan walaupun hanya bisa merubah sedikit2 saja ^-^, seperti gambar di bawah.

Kita akan mengganti “Nomor Identitas” menjadi “Fakultas / Jurusan "

Q : Kenapa;ingin diganti?

A: Alasannya untuk SLiMS yang digunakan dalam perguruan tinggi, dibutuhkan keterangan Fakultas mauun jurusan, sedangkan dalam standar pengisian data kartu anggota perpustakaan SLiMS tidak ada pilihan Fakultas atau Jurusan.

Apa yang perlu dipersiapkan?
1. SLiMS yang sudah terinstall tentunya
2. Aplikasi text editor seperti sublime text, Notepad (karena kita akan mengedit kode php dalam SLiMS), kalau belum silahkan download di sini.

Sebelum memulai penulis mengingatkan, kita akan membuka dan merubah isi dari 2 buah file yaitu. “ index.php ” dan “ member_card_generator.php “ke 2 file tersebut ada dalam folder xampp>htdocs>nama slims anda>admin>modules>membership.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka Folder xampp/htdocs/ nama slims anda/admin/modules/membership
Kemudian buka file “index.php” menggunakan text editor (penulis menggunakan sublime text)


Selanjutnya cari baris ke 438 rubah yang ada dalam kolom menjadi ('Fakultas / Jurusan'), *jangan hilangkan petik* kemudian save


Lihat perubahannya pada saat membuat anggota baru


2. Selanjunya masih dalam folder >membership, buka file member_card_generator.php


Cari baris ke 215, ganti yang ada tanda panah menjadi (‘Fakultas / Jurusan’), kemudian save


Selanjutnya lihat perubahan dalam kartu anggota SLiMS


Q : Kalau saya menggunakan untuk perpustakaan sekolah bisakah diganti dengan kelas?
A: Bisa, ikuti saja langkah diatas dan disesuaikan. Dan bisa di ganti juga dengan e-mail dll.

Tested : SLiMS 5 Meranti, SLiMS 7 Cendana, SLiMS 8 Akasia.