Sunday, September 18, 2016

Instal Plugin E-DDC

Aplikasi SLiMS sudah merambah dengan cepat ke semua peprustakaan yang ada di Indonesia, bahkan sudah dipakai beberapa negara. Salah satu faktor pendorong perkembangan pesat SLiMS karena berbasis open source. Istilah open source berarti siapa pun berhak menambah, mengembangkan, memodifikasi source code dari perangkat lunak oss tsb. Artinya setiap orang boleh menambah, mengembangkan serta memodifikasi SLiMS. Salah satu contohnya yaitu penambahan plugin E-DDC untuk SLiMS.

Seperti yang sudah diketahui, E-DDC (Elektronik Dewey Decymal Classification) adalah aplikasi yang juga berbasis open source yang dibuat oleh Mohamad Rotmianto (fb). E-DDC, aplikasi praktis dari buku sistem pengklasifikasi DDC, walaupun belum lengkap, namun ini sangat membantu daripada kita harus membuka kitab DDC orisinil yang super tebal yang juga punya beragam versi.
Nah, karena SLiMS dan E-DDC sama-sama menunjang kegiatan perpustakaan, maka mas Eko Wahyudi membuat plugin E-DDC untuk SLiMS.

Nah, langsung saja ikuti bagaimana menginstall plugin e-ddc.

1.Silahkan download dulu filenya di slims.web.id/plugin (cari plugin e-ddc)
2.Selanjutnya ekstrak file plugin e-ddc ke direktori xampp/htdocs/nama slims anda/


Folder yang dipindahkan (admin, install, js, & template), kemudian timpa/replace file yang sama.

3.Buka phpmyadmin melalui browser, pilih database slims anda, kemudian pilih import


Pilih file ddc_db.sql ada di : xampp/htdocs/slims/install/ddc_db.sql
Selanjutnya klik go


4.Selesai, e-ddc siap digunakan, silahkan buka menu bibliografi, tambah bibliografi disana sudah muncul e-ddc. Klik e-ddc


Tahun 2017 ini e-ddc versi terbaru sudah diluncurkan disertai dengan peluncuran buku pedoman e-ddc terbaru. Untuk mendapatkannya silahkan hubungi mas Rotmianto Mohammad atau gabung di group facebook E-DDC