Monday, October 24, 2016

Digital Signage XIBO : Cara Instal

Digital Signage XIBO- Saat kita pergi ke bank, rumah sakit, maupun cafe pasti pernah melihat tampilan iklan promosi maupun informasi yang ditampilkan secara berulang di media layar monitor. Itu salah satu contoh dari digital signage. Promosi melalui audiovisual lebih efisien dan menarik dibanding media cetak, karena lebih hemat biaya dan tenaga. 

Pengertian Digital Signage

Digital Signage adalah sebuah teknologi yang menampilkan informasi yang dapat diterima oleh ornag banyak dengan mempergunakan media LCD, LED dan Layar proyektor untuk menampilkan informasi yang berupa digital image, video, streaming media, dan informasi yang bermanfaat untuk banyak orang. 

Digital Signage merupakan sebuah istilah yang biasa di gunakan untuk rangakain iklan digital. Penggunaan media promosi melalui digital tentu sangat mudah untuk memperbarui konten secara teratur untuk tetap segar dan menarik dibandingkan media cetak seperti spanduk.

Di dalam teknologi digital signage ini biasanya terdiri dari 2 layer yaitu Backend dan Frontend . Dari sisi backend biasanya adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada web server , sedangkan pada sisi frontend biasanya yang sering kita lihat dengan media yang di gunakan biasanya LCD Monitor

Dan Apa itu XIBO?

XIBO, merupakan aplikasi cms open source yang berguna untuk media digital signature player. Untuk penggunaanya bisa di lihat dalam ilustrasi gambar di bawah.

Penggunaan XIBO sebagai media digital signage terdapat dua tipe yaitu tipe client dan tipe server. Untuk menampilkan gambar dan juga menu yang kita inginkan maka kita wajib untuk menginstall xibo versi client pada komputer yang memang kita pergunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang ingin kita tampilkan. Dan xibo server kita pergunakan untuk melakukan konfigurasi atau setting dari gambar yang ingin kita tampilkan pada xibo versi client pada komputer client.
Cara Instal XIBO di Windows di Windows

Untuk menginstal xibo dibutuhkan aplikasi server local seperti xampp, silahkan download di sini. Kemudian master cms XIBO, download di sini pilih cms untuk windows. Setelah xampp terinstal dan master cms XIBO sudah di download, copy paste file cms XIBO di dalam folder xampp/htdocs/. Ekstrak filenya, dan ganti nama folder sesuai keinginan anda, misal xibo.

Aktifkan xamp, buka browser ketikan : localhostphpmyadmin. Buatlah database sesuai dengan nama folder dalam htdocs, saya membuat : xibo

Digital Signage XIBO : Cara Instal
Kemudian, klik privileges” dan klik add user account
Buatlah username, host dan password untuk database xibo. Scroll kursor ke bawah, ceklist “check all”, kemudian go
Digital Signage XIBO : Cara Instal
Buka tab baru, ketikan : localhost/xibo. Mucul halaman instalasi
Digital Signage XIBO : Cara Instal
Perhatikan sarat server yang dibutuhkan xibo, jika tanda ceklist (√) artinya ok, kalau tanda silang  (X ) atau tanda seru (!) berarti ada yang perlu diaktifkan. Contoh, saat saya install ada tanda silang bagian “php_fileinfo.dll”


Untuk mengatasinya silahkan buka tampilan xampp control, klik config, pilih “PHP (php.ini)”

Digital Signage XIBO : Cara Instal
Digital Signage XIBO : Cara Instal
Cari file php_fileinfo.dll” dengan cara tekan tombol ctrl+f, setelah ketemu hapus tanda titik koma bagian extension+php_fileinfo.dll.

Digital Signage XIBO : Cara Instal
Scroll kursor ke bawah, jika ada tanda seru, seperti di bawah. Tambah ukuran untuk upload dan durasi, silahkan edit di bagian file “PHP(php.ini), langkahnya sama dengan di atas. Untuk post_max_size dan upload_max-size ganti dengan ukuran 500 MB, dan max_execution_time buat 120 (hitungan detik)

Setelah selesai, silahkan restart xampp dan refresh browser, klik next untuk melanjutkan. Tampil halaman berikutnya, karena kita sudah menbuat database melalu phpmyadmin pilih “use an existing database”,kemudian isi sesuai dengan user account database xibo tadi, lanjut next
Digital Signage XIBO : Cara Instal
Masukan username dan passsoword untuk masuk dashboard xibo

Digital Signage XIBO : Cara Instal
Selanjutnya,buatlha folder untuk menyimpan file upload xibo contoh partisi f:\file xibo. Dan untuk server key, ini digunakan untuk computer client. Lanjut next


Digital Signage XIBO : Cara Instal
Masuk menggunakan username dan password yang dibuat sebelumnya Tampilan dashboard XIBO,
Digital Signage XIBO : Cara Instal
Masih bingung mas bro? Tonton video berikut ini, jangan lupa subscribe dan tinggalkan komentar

Terima kasih semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar.