Sunday, October 16, 2016

Instal ojs versi 2.48

Sebelumnya, penulis sudah memposting cara install ojs versi 3.0 (versi terbaru). Kali ini penulis juga memposting instal ojs versi 2.48 (versi sebelum 3.0/ perbedaan yang signifikan yaitu tampilan. Gambar di atas tampilan OJS 2.48 yang penulis desain (masih offline).
Seperti yang diketahui open Journal System (OJS) merupakan sebuah sistem manajemen jurnal open source software  berbasis web yang sudah  release dan sudah cukup signifikan untuk digunakan dan khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses pemanggilan naskah, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online. OJS dibangun Public Knowledge Project dari Simon Frases University dan berlisensi GNU General Public License.


File yang dibutuhkan yaitu webserver, seperti xampp/wampp. Download xampp server. Master ojs download

Langkah-langkahnya :

Copy paste file OJS (yang sudah di ekstrak maupun dalam bentuk winrar) ke : xampp/htdocs/paste di sini. Silahkan ekstrak file yang berbentuk winrar. Rename folder ojs.2.4.8 menjadi ojs.
Selanjutnya buka browser dan ketikan : localhos/phpmyadmin. Klik database, buat database sesuai nama folder ojs, kemudian create (lihat urutan nomor)

Klik database ojs yang sudah dibuat, kemudian pilih “privileges” untuk membuat user account ojs. Klik “add user account” untuk membuat baru.


Isi username : ojs /terserah mau bikin username apa
any host :localhost
password : ojs //terserah mau bikin password apa
Scroll ke bawah, centang bagian check all, kemudian klik go

Selanjutnya, buka tab baru broswer, ketikan : localhost/ojs, akan muncul halaman installasi. Pada bagian locale setting, “primary locale” pilih english, untuk “additional“ceklist bahasa indonesia.

Untuk Setting file buatlah folder untuk menyimpan file jurnal di dalam folder ojs. Setelah dibuat, masukan di bagian “Directory of uploads” lokasi folder yang dibuat tadi (perhatikan tanda panah.
Bagian Security Setting pilih saja MD5. Untuk Account Administrator berfungsi sebagai akun pengguna yang akan memiliki akses penuh ke sistem, dan untuk akun tambahan dapat di buat setelah instalasi selesai. Isi form Account Administrator yaitu: (catat jangan sampai lupa)


Selanjutnya Database setting, Isi username, password yang sama saat membuat user account ojs. Buat juga nama database, hilangkan tanda ceklist di bagian “create new database” karena kita sudah membuat database melalui phpmyadmin. Selesai, klik “install open journal systems.

Tampilan ojs


Selamat mencoba.