Tuesday, November 29, 2016

Google Scholar dan manfaatnya

Google Scholar dan manfaatnya- Jika ada yang bertanya, perpustakaan apa yang lengkap?. Jawabannya tidak, tidak ada satu pun didunia ini perpustakaan yang mempunyai koleksi yang lengkap. Alasannya, perpustakaan cenderung mengelola koleksi sesuai dengan kebutuhan pemakai yang ada dilingkungannya, dan bisa dibayangkan seandainya seluruh karya ilmiah dari penjuru dunia ada di sebuah perpustakaan, maka akan timbul pertanyaan sebesar apakah perpustakaan tersebut?
Namun, tampaknya jawaban itu tidak berlaku pada era digital ini. Buku yang halamannya setebal 5 cm dan panjang hingga 30 cm yang biasanya memakan ruang tempat perpustakaan sekarang bisa dimasukan kedalam media penyimpanan digital seperti flasdisk. Apalagi sekarang dimudahkan dengan adanya search engine google. Apapun yang kita cari ada di sana. Ilmu pengetahuan seantero dunia bisa dicari hanya dengan waktu sepersekian detik.

Banyak orang berpikir, untuk apalagi ke perpustakaan, toh "tanya google” di situ banyak. Fungsi perpustakaan di sebagian pandangan masyarakat menjadi kurang. Namun, taukah kamu bahwa search engine google menerapkan ilmu dari perpustakaan. Yaitu : klasifikasi, subjek dan pengindeksan. Ke tiganya itu merupakan cabang dari ilmu perpustakaan. Jadi, merasa banggalah ilmu yang kita pelajari ternyata diterapkan oleh search engine google. Akan tetapi Google pun hanya sebatas search engine (mesin pencari), bagaimana pun peran buku dan perpustakaan tidak akan tergantikan (Mungkin dilain kesematan penulis akan khusus membahas mengenai perpustakaan).
Baca juga : Ayo Manfaatkan Layanan e- Resources Perpustakaan Nasional
Mengenai pembahasan di atas, salah satu layanan yang diberikan google dan terasa seperti sebuah perpustakaan yang sangat besar yaitu Google Scholar (Google Cendekia). Karena dengan Google scholar adalah Layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian karya ilmiah dari para penulis, peneliti, repository perguruan tinggi yang terindeks google scholar.

Manfaat google scholar

Sebagian besar pengguna untuk mencari artikel/karya ilmiah menggunakan google scholar. Search engine google scholar di akses dengan mengetikan google scholar lalu kita akan di arahkan tampilan seperti dibawah.

Pencarian dengan google scholar sangat akurat, karena lebih difokuskan pada file-file artikel/karya ilmiah. Penulis/peneliti seluruh dunia karyanya sudah terindeks ke dalam google scholar. Dan saat pencarian koleksi, file yang dicari bisa disimpan langsung, atau dikutip (citation).

Cara mengakses google scholar

  • Silahkan buat account gmail, kemudian ketikan google scholar. Tampilan seperti gambar di atas. Tampilannya seperti tampilan google biasanya, namun ini dikhususkan untuk penelusuran karya ilmiah. 
  • Silahkan klik setting untuk mengatur pencarian agar lebih cepat. Sesuaikan bahasa, jumlah tampilan dalam pencarian. Bahasa karya ilmiah yang ingin dicari apakakah bahasa inggris saja atau bahasa lainnya.

  • Pasang tombol atau addons google scholar di browser (saya menggunakan google chrome). Nanti akan muncul icon "Toga" di sudut browser.
  • Jika penulis/peneliti ingin mengutip (citation) karya ilmiah orang lain langsung melalui google scholar maka silahkan klik menu kutipan saya untuk melengkapi data diri.

Isi data diri dibawah dengan benar, gunakan e-mail (domain dari institusi atau lembaga anda, tidak menggunakan gmail). Lengkapi sampai langkah ke 3.
  • 5.Silahkan ketikan kata kunci artikel yang ini anda cari.

Demikianlah artikel Google Scholar dan manfaatnya
Terima kasih semoga bermanfaat