Tuesday, December 6, 2016

Font untuk designer 2016

Tipografi (seni penulisan/font) terus diabaikan oleh banyak desainer namun itu adalah aspek yang sangat penting dari proses desain seperti memilih jenis huruf yang tepat dapat membuat perbedaan nyata untuk efektivitas desain. Tipografi hanya sebagai penting untuk efek visual dari halaman web sebagai gambar.

Memilih jenis huruf yang tepat untuk berbagai proyek desain kamu dapat menjadi salah satu pekerjaan yang menakutkan jika kamu tidak mengerti cara yang benar dan tentunya bisa menimbulkan kebingungan ketika kamu mencari jenis font untuk keperluan proyek kamu. Karena ada ribuan jenis font yang tersedia dan setiap hari tercipta font-font baru, ini tentu bisa menimbulkan kebingungan.

Hal ini sama dengan memilih baju untuk acara tertentu, jika kamu ingin pergi ke acara pernikahan yang resmi tentu kamu akan menggunakan jas atau setidaknya batik, tidak mungkin kan kamu menggunakan kaos, tentu akan terlihat aneh. Begitu juga dalam pemilhan font, untuk perusahaan serius tentunya akan salah jika kamu memilih jenis font komik.

Sebelumnya kamu harus tahu kita memilih font:
1. Kamu harus memahami target kamu (audiens)
2. Fokus Pada Keterbacaan (Readability)
Banyak sekali Font yang terlihat cantik. tetapi sulit dibaca apalagi dilihat secara sepintas. Hindari juga font yang dapat merusak seperti bevel dan shadow. saat membuat logo kalian harus siap bahwa logo kalian akan digunakan pula kedalam banyak media visual seperti stample, akrilik, faktur. dan lain sebagainya.
3. Research Font 
Jangan hanya terfokus pada beberapa font saja, searching font-font lain.

Setiap jenis font menggambarkan keadaan dan suasana, seperti berikut ini:

Gembira = Cooper, Andy, Flowerchild.
Maskulin = Rockwell, Impact, Giant, Microgamma.
Feminim = Gabriola, Kalinga, Lucida Calligraphy, Bernhard Modern.
Formal = Corpid, Calson 540, Whitney Book, Cooperplate Ghotic, Gotham.
Gadget = Tiera Negra, Block Out, NeoTech.
Fashion = Birch.
Olahraga = Machine.

Download kumpulan font untuk para designer
Silahkan unduh file 1 file 2