Saturday, December 24, 2016

Membagi file besar dengan Winrar

Kali ini saya memberikan tips yang sudah lama, namun tak salah untuk berbagi karena memang berbagi tidak mengurangi :).  Bagi yang sering download aplikasi-aplikasi atau film dengan size besar pasti menemukan kasus file yang didownload dibagi beberapa bagian (ber part2). Dan kadang ditemui juga file yang diunduh dimintai password saat kita ekstrak.
Dari kasus di atas, biasanya para penyedia (website) yang mengupload membagi file tersebut beberapa bagian tujuannya agar saat proses upload tidak terlalu lama karena file yang besar apalagi kalau jaringannya tidak lancar.  File besar yang diupload dibagi beberapa partu juga bertujuan file tersebut tidak corupt / rusak saat didwonload, karena sering terjadi disebabkan hal tadi yaitu jaringan internet yang tidak lancar.

Jadi seandainya ada file ukuran 1 GB dibagi menjadi 3 bagian masing-masing 300 MB maka proses upload dan unduhan pun akan lebih cepat dan tidak khawatir berhenti ditengah proses pengunduhan.
Aplikasi yang dibutuhkan untuk membagi mengkompres dan membagi file tersebut adalah winrar. Silahkan download di situs resminya www.win-rar.com

Bagaimana langkah-langkahnya?

A.  Membagi file besar beberapa bagian

1. Pastikan anda sudah menginstal program winrar. Selanjutnya silahkan pilih salah satu file ukuran besar. Di sini file yang saya bagi ukurannya 1.1 GB. Klik kanan dan pilih tambah kearsip

2. Selanjutnya muncul tampilan baru, silahkan pisahkan ukuran yang ingin dibagi. Di sini saya membagi 300 MB satu file winrar. 
Karena file yang saya upload berukuran 1 GB maka dibagi menjadi 300mb, ukuran yang dibagi terserah kamu bisa dibuat 100 mb, atau 200 mb.


1.1 GB dibagi 300 MB maka hasilnya, file tadi dibagi menjadi 4 bagian. 
Kalau saya buat file nya menjadi 100 MB, maka hasilnya 10 file winrar.


B. Lalu bagaimana dengan file yang diberi password.

Ulangi langkah diatas smpai nomor 2, kemudian klik "atur kata sandi "di bagian sebelah kanan saat memberi ukuran untuk memisahkan volume file.

Dalam menggunakan kata sandi atau password hati-hati jangan sampai lupa, karena beberapa kasus file yang diproteksi winrar biasanya pengguna akan lupa kata sandinya. Dan yang akan terjadi file tersebut tidak akan bisa dibuka, ditambah file aslinya (sebelum dikompres ke winrar).

Saya sudah beberapa kali mencoba membuka file winrar yang diproteksi menggunakan berbagai aplikasi, tapi tidak membuahkan hasil. Jadi kalau ingin memberi password maka harap di catat agar tidak lupa.