Saturday, March 24, 2018

10 Contoh Pelayanan Prima Negara Lain yang Pantas Ditiru

10 Contoh Pelayanan Prima Negara Lain yang Pantas Ditiru- Pelayanan publik merupakan bagian penting dari sebuah unit usaha / tempat umum yang berhubungan dengan masyarakat luas. Pelayanan yang baik akan membuat masyarakat yang menggunakan akan terasa nyaman, dan akan berdampak baik atau buruknya unit usaha / pelayanan pemerintah.

Oleh karena itu banyak cara dilakukan untuk menarik masyarakat melalui pelayanan. Kami mengumpulkan beberapa contoh pelayanan publik yang Wajib Kamu Tiru.

1. Mesin yang Bisa Mencetak Cerpen (Cerita Pendek)
Layanan ini sangat membantu bagi kamu yang sedang menunggu, daripada memainkan smartphone lebih baik membaca cerita. Layanan ini sangat pas diletakkan di ruang tunggu Bandara, oh iya mesin ini bisa mencetak cerita sesuai waktu yang kamu inginkan misal : 2 menit mesin akan mencetak cerita pendek yang bisa kamu baca selama 2 menit. Kalau mau 1 menti tentu lebih pendek ceritanya.
© MisallocatedRacism/Reddit  
2. Diskon untuk Payung di Hari Hujan
Ini salah satu layanan yang patut ditiru, layanan ini sangat membantu masyarakat. Kebanyakan sebuah toko akan menaikan harga jika permintaan sebuah barang tinggi, misal : kamu bisa membeli mantel atau payung ketika hujan dan saat cuaca panas, lalu bandingkan harga dari 2 kesempatan tersebut, pasti berbeda (bahkan kamu bisa menawar dengan harga terendah saat cuaca panas).

Seperti halnya BBM, ketika terkena musibah harganya bisa meroket 3 kali lipat dibanding hari biasa. Layanan seperti ini tidak manusiawi, tidak mengedepankan kepribadian yang baik.
© Constitutional_Prole/Reddit  

3. Alat Pengujian Rasa Buah 
Beberapa orang kadang ingin membeli buah yang manis, namun tak jarang penjual menawarkan buah sebaliknya. Alat di bawah ini sangat membantu kamu jika ingin membeli sebuah apel. Di sini akan terlihat tingkat rasa manis sampai asam dari berbagai merek buah apel. Jadi kamu bisa membeli apel sesuai yang kamu inginkan.
© Imgur 
4. Tiket Kereta Bawah Tanah Sebagai Ganti Sampah Botol
Di China, ada mesin yang dapat mendaur ulang botol dan memberi orang tiket kereta bawah tanah sebagai imbalan! Ide bagus untuk menjaga kebersihan lingkungan!
© China Daily
5. Mesin Pencetak Spanduk di Bandara
Jika Kamu lupa membawa tanda atau spanduk untuk penumpang yang Kamu temui di bandara, ada mesin khusus di bandara Amsterdam yang bisa kamu gunakan. Kalau di Bandara Indonesia sudah ada belum ya?
© Elwood8534/Reddit  
6. Menguji kertas toilet sebelum membeli
Sebuah supermarket di Belanda menawarkan pelanggan untuk "menguji" kertas toilet yang berbeda dan memilih yang mereka sukai.
Yuk baca : 8 Perpustakaan Yang Mempunyai Arsitektur Gedung yang Unik
Well, ini juga bagus diterapkan di swalayan di Indonesia, tapi kalau pribadi masyaraknya sudah tidak suka boros sih.
© Imgur  
7. Tempat untuk menguji sepatu
Sebelum Kamu membeli sepatu di toko sepatu ini, Kamu dapat menguji cara mereka berjalan di permukaan yang berbeda untuk memastikan Kamu merasa nyaman di dalamnya.
© MusicMedic/Reddit  
8. Miniatur Untuk Pengujian Kamera
Di toko ini, mereka memiliki seluruh dunia miniatur, selain menarik pengunjung, Kamu juga dapat mencoba mengambil gambar miniatur tersebut dengan kamera yang berbeda, membandingkan hasilnya, dan memilih yang terbaik.
© PaxterBaxter/Reddit  
9. Sebuah Treadmill yang Dapat Mengisi Daya Ponsel Kamu
Biasanya di bandara tempat mengisi daya ponsel ada disediakan, namun di beberapa negara tidak menyediakannya, solusinya jika Kamu benar-benar perlu mengisi daya ponsel, bandara Minneapolis ini menawarkan ini sebagai pertukaran untuk berlari di treadmill ini.

Jadi, kalau Kamu berlari di treadmill ini maka ponsel kamu dayanya otomatis akan terisi. Layanan ini sangat bagus ya, sambil nunggu berangkat, daya ponsel terisi dan bisa olahraga juga.
© FeeFiFoFuck/Reddit 
10. Rak untuk kopi
Ada rak khusus di toko ini sehingga Kamu tidak menumpahkan kopi ketika Kamu membuka pintu. Bagi Kamu yang memiliki kafe bisa mencontoh layanan ini, walaupun terlihat sepele namun sangat membantu.
© Reddit  
Demikian lah 10 Contoh Pelayanan Prima Negara Lain yang Pantas Ditiru. Semoga memberi inspirasi untuk Kamu.

Lalu, manakah dari layanan terbaik yang paling Knda sukai? Beritahu kami di bagian komentar di bawah ini!


EmoticonEmoticon