Thursday, April 26, 2018

Download Panduan RDA

Download Panduan RDA- Selama  ini  kita  mengenal  AACR2 (Anglo  American  Cataloguing  Rules  2) sebagai standar  pengatalogan  bahan perpustakaan.  Namun  seiring  dengan  perkembangan teknologi  dan  informasi,  AACR2  dirasa  tidak  mampu  lagi  merepresentasikan  isi  dari bahan perpustakaan jenis digital. Kemunculan RDA (Resource Description and Access) didorong  oleh  adanya  fakta  banyaknya   koleksi  perpustakaan  yang  berbentuk  digital yang membuat hubungan antara pustakawan dan pemustaka menjadi semakin penting. 
Download Panduan RDA
RDA dibangun diatas dasar fondasi AACR2 dan menjadi standar baru pendeskripsian dan akses semua jenis konten dan media. RDA bertujuan membantu pemustaka dalam mencari, mengidentifikasi, memilih dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Panduan RDA ini dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional dengan tujuan:
  •  Tersedianya pedoman penerapan RDA di Perpustakaan Nasional
  • Terciptanya kesamaan persepsi, bahasa, serta arah gerak  yang konsisten dalam pelaksanaan kegiatan pengolahan bahan perpustakaan di Perpustakaan Nasional
  • Tersedianya sarana pengambilan kebijakan pimpinan Perpustakaan Nasional dan pengawasan kegiatan pengolahan bahan perpustakaan 
  • Tersedianya  materi  kerjasama  regional  dan  internasional  dalam  kegiatan pengolahan bahan perpustakaan 
  • Tersedianya  sarana  pembinaan  dan  pengembangan  kegiatan  pengolahan  bahan perpustakaan di Perpustakaan Nasional 
  • Tersedianya  acuan  dalam  pelaksanaan  pendidikan  dan  pelatihan  bagi pustakawan.
Tujuan  tujuan dari implementasi RDA adalah :
  1. Sebagai kerangka kerja yang lebih fleksibel untuk mendeskripsikan semua jenis materi (analog dan digital)
  2. Menyajikan  data  yang  mampu  beradaptasi  dengan  kemunculan  struktur pangkalan data yang baru
  3. Menampilkan data yang kompatibel dengan cantuman bibliografi yang telah ada dalam katalog perpustakaan online
Pedoman ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan mengenai model konseptual RDA yaitu  FRBR  dan  FRAD (Functional  Requirement for Authority Data),  struktur  RDA, perubahan  dari  AACR2  ke  RDA,  elemen  inti,  persiapan  sistem  aplikasi  serta penambahan  dan  perubahan  ruas pada MARC (Machine  Readable  Catalogue).

Pembahasan  tentang RDA dimulai  dengan  penjelasan  mengenai struktur  RDA  yang terdapat  pada RDA  Toolkit setelah  itu  membahas tentang FRBR  dan  FRAD, sebagaimana diketahui bahwa FRBR merupakan konsep dasar dari RDA. Pembahasan mengenai FRBR diperjelas dengan bagan masing-masing grup (Grup 1: Entitas produk dari upaya intelektual dan artistik, Grup 2: Entitas penanggung jawab pada grup 1, Grup 3: Entitas subjek pada grup 1 dan grup 2) dan hubungan yang terjadi antar dan dalam grup.

Selain  itu,  pedoman  ini  juga  dilengkapi  dengan  sejarah  pengatalogan, dimulai dari  AACR  sampai  dengan  RDA  dan encoding  format yang  dapat  digunakan  dalam penerapan RDA.

Silahkan unduh Panduan RDA dari Perpustakaan Nasional


EmoticonEmoticon