Wednesday, July 25, 2018

Phising dan Ciri-ciri Website Palsu

Phising dan Ciri-ciri Website Palsu- Sebelumnya saya berbagi pengalaman mengenai Cara mengadukan Konten Hoax, Penipuan, Phising ke Kominfo. Langkah pengaduan ini penting dilakukan agar masyarakat tahu dan meminimalisir segala bentuk penipuan.
phising asal kata dari fishing
Sebelum melaporkan kepada Kominfo, Kamu harus mengetahui pengertian phising dan ciri-ciri website palsu, supaya bisa memperingati orang-orang sekitar Kamu bahwa itu adalah bentuk penipuan.

Apa itu Phising.

Di kutip dari Phising.org
Phishing is a cybercrime in which a target or targets are contacted by email, telephone or text message by someone posing as a legitimate institution to lure individuals into providing sensitive data such as personally identifiable information, banking and credit card details, and passwords.

The information is then used to access important accounts and can result in identity theft and financial loss.
Dari pengertian di atas, Phising yang berasal dari kata fishing artinya memancing dalam dunia internet Phishing adalah kejahatan dunia maya di mana target atau target dihubungi melalui email, telepon, atau pesan teks oleh seseorang yang menyamar sebagai lembaga yang sah untuk memikat individu agar memberikan data sensitif seperti informasi identitas pribadi, perincian perbankan dan kartu kredit, dan kata sandi.

Informasi tersebut kemudian digunakan untuk mengakses akun-akun penting dan dapat mengakibatkan pencurian identitas dan kerugian finansial.

Kasus Phising pertama kali muncul pda gugatan pertama kali diajukan pada tahun 2004 terhadap seorang remaja California yang menciptakan tiruan dari situs web "America Online". Dengan situs web palsu ini, ia dapat memperoleh informasi sensitif dari pengguna dan mengakses detail kartu kredit untuk menarik uang dari akun mereka. 

Selain phishing melalui email dan situs web, ada juga 'vishing' (phising suara), 'smishing' (Phishing SMS), dan beberapa teknik phishing lainnya yang selalu muncul di cybercriminal.

Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri website palsu agar kita terhindar dari phising atau pun penipuan?

Adapun ciri-ciri website palsu seperti berikut:

1 2


EmoticonEmoticon