Sunday, October 24, 2021

Mengganti Latar Kartu Anggota SLiMS 9

Mengganti Latar Kartu Anggota SLiMS 9. Kartu anggota slims 9, tersedia 2 buah tipe: classic dan old. Untuk kartu old merupakan desain yang sama sejak slims meranti, namun classic merupakan desain kartu baru yang lebih simpel.

Namun, ternyata untuk mengatur latar pada kartu anggota slims 9, pada tipe kartu classic belum ada pengaturan untuk mengganti latar pada sisi depan hanya ada pengaturan untuk sisi belakang. Kemungkinan kode script untuk menggantinya lupa tercopy. Sedangkan untuk tipe kartu old yaitu kartu slims 8, ada pengaturan untuk mengganti latar sisi depan dan belakang.

Untuk mengatasi tidak bisa ganti latar background depan kartu anggota slims 9 silahkan simak dan script codenya di bawah ini.

1. Langkah pertama, silahkan buka folder classic yang berada dalam folder slims, file dan membercard. Di dalam folder classic tersebut ada 2 file yaitu membercard.php dan tinfo.inc.php.

2. Buka file membercard.php dengan aplikasi teks editor tambahkan kode ini pada baris 180 di atas kode #back-card { ,kemudian simpan.

#front-card {
  background: <?php echo $sysconf['print']['membercard']['b_color']??'#ffffff';  ?> url("<?php echo $card_path.'images/'.$sysconf['print']['membercard']['front_side_image'] ?>") center center no-repeat;
  background-size: cover;
}
3. Lalu buka file tinfo.inc.php, tambahkan baris kode ini, letakkan pada baris 132 di bawah kode ['officials_id'] 
  ], 
  'front_side_image' => [
    'dbfield' => 'data[front_side_image]',
    'label' => __('Front Side Image'),
    'type' => 'dropdown',
    'default' => $sysconf['print'][$theme_key]['front_side_image'],
    'width' => '40',
    'data' => json_decode(json_encode($img),true)

Setelah selesai, silahkan simpan. Selanjutnya buka pengaturan kartu tipe classic, silahkan ganti latar belakang kartu depan anggota perpustakaan.