Tuesday, December 18, 2018

Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib

Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib- Membuat referensi dari suatu karya ilmiah merupakan hal yang wajib sebagai dasar sebuah karya tulisan yang dibuat sekaligus menghindari dari plagiarisme.

Saat ini membuat sitasi atau daftar pustaka suatu karya ilmiah sudah dimudahkan dengan beberapa aplikasi seperti Mendeley dan Zotero. Kalau biasanya membuat dengan manual, namun dengan 2 program tersebut yang bisa terintegrasi dengan aplikasi office hanya dengan sekali klik gaya pengutipan sitasi atau daftar pustaka bisa dilakukan.
Namun pengutipan bisa kamu buat dengan mudah tanpa perlu menginstal ke dua aplikasi tersebut, yaitu melalui ZoteroBib. ZoteroBib merupakan Zotero web based (berbasis web) untuk mengelola bibliografi skala kecil.

Berikut cara Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib

Silahkan kunjungi ZoteroBib
Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib
Interface Zoterobib
Silahkan masukkan Url atau ISBN atau sumber artikel yang ingin Anda buat sitasinya. Misalnya pengutipan artikel dari sebuah website, sebagai contoh artikel yang sedang Anda baca ini.
Lihat juga : 36 Jurnal Ekonomi yang Terakreditasi Kemenristekdikti
-Copy Url artikel saya ini, dan paste
-Kemudian klik Cite
-Hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah. 
Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib
Anda bisa edit hasil sitasi.
Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengganti gaya sitasi pada pilihan bibliography, seperti APA style, MLA dan Chicago Style. Jika sudah sesuai silahkan copy atau export hasil referensi artikel Anda.
Membuat Bibliography Secara Online Menggunakan ZoteroBib
berbagai gaya sitasi bisa Anda pilih