Saturday, July 21, 2018

Channel Reupload Tidak disetujui Monetisasi

Channel Reupload Tidak di Approve Adsense Youtube- Peraturan 4000 Jam tayang dan 1000 Subscribe membuat youtuber merasa was-was. Bagaimana tidak, Channel Youtube yang sebelumnya sudah dimonetisasi (memenuhi persyaratan sebelumnya 10 ribu view) ikut terkena dampak kalau channelnya tidak memenuhi peraturan baru 4000 Jam tayang dan 1000 Subscribe. Jika kamu belum tahu hitungan berapa 4000 Jam tayang dan 1000 Subscribe kamu bisa baca Apa Maksud Dari 4000 Jam Waktu Tonton Peraturan Youtube.

Q: Lalu apakah channel yang sebelumnya sudah dimonetisasi dan terkena dampak peraturan baru apakah langsung diapprove kalau sudah memenuhi syarat baru?

A: Tidak dijamin, tergantung video yang kamu upload, apakah Reupload atau original.

Berbagi Pengalaman 

Mengapa saya mengatakan channel youtube yang videonya dari Reupload tidak diapprove adsense youtube?.

Karena saya mengalami sendiri. Saya membuat channel pertengahan tahun 2017 (saat persyaratan 10 ribu view sudah dimulai). Saat itu saya upload video 5 buah, jadi karena melihat viewsnya tidak pernah naik saya putuskan tidak melanjutkan untuk upload video dan fokus ke blog (Video yang saya upload video kartun anak-anak, kelima video tersebut tidak kena Copyright, tidak ada pelanggaran communitas).

Pada bulan maret 2018 saya teringat channel tersebut. Dan saya kaget viewnya mencapai 1 Juta Tayang, dan Subscriber mencapai 4000 (Statistik menunjukan subs terbanyak dari negara amerika, inggris, prancis dan kanada). Akhirnya saya mencoba kembali untuk upload video. Peraturan 4000 Jam tayang dan 1000 Subscribe berlaku bulan Februari, jadi walaupun channel youtube saya sudah melampaui syarat pada bulan maret, saya belum mau mengajuka monetisasi karena video masih sedikit.

Bulan mei saya memutuskan untuk mencoba mengajukan monetisasi dengan channel sudah mencapai 3 juta tayang dan subscriber 9000 dan belum terkena copyright. Kemudian setelah mengajukan, youtube mengabarkan kemungkinan akan diputuskan akhir bulan Juni 2018.

Dan pada akhir bulan Juni saya mendapatkan email seperti dibawah ini:
email penolakan akhir bulan Juni
Ada rasa senang dan ada rasa sedih saya menerima email penolakan tersebut. Rasa senang karena chanel saya sudah diputuskan dan tidak diphp youtube (banyak channel lain yang sejak akhir 2017 belum menerima email). Sedih ya karena ditolak, padahal sudah melebihi persyaratan 4000 Jam tayang dan 1000 Subscribe

Selanjutnya saya membuka channel youtube dan mendapatkan pemberitahuan dimenu monetisasi.
Channel Reupload Tidak disetujui  Monetisasi
informasi penolakan menetisasi
Dari informasi diatas channel saya tidak memenuhi syarat untuk memenuhi monetisasi, dan bisa diajukan ulang pada tanggal 26 Juli 2018  (berarti sebulan sesudah email penolakan diterima.

Pihak youtube juga menjelaskan alasan channel saya tidak diterima, Selanjutnya silahkan Kamu baca
Penjelasan Channel ditolak Monetisasi Walau Memenuhi Syarat 4000 Jam


EmoticonEmoticon